Kesenian Jawa : Sendratatri Dewi Sri dengan Properti Art

0 43

Dewi Sri merupakan nama yang tidak asing ketika dikaitkan dengan tradisi Wiwitan. Pada pelaksaan upacara adat Wiwitan, karang taruna menyuguhkan Sendratari Dewi Sri. Para pemain dan pengrawitnya adalah para putra putri Gilangharjo yang masih muda dan memiliki keterampilan yang kompeten. Sendaratari Dewi Sri merupakan karya Rionaldo Hergiera, setelah sebelumnya sukses dengan membuat koreografi “Wahyu Tumuruning Mataram”. Properti yang digunakan untuk mendukung pertunjukkan dibuat secara mandiri bersama karang taruna dan pendamping desa budaya.

Properti ular  dibuat dengan menggunakan kain yang dilukis karakter sisik. Kepala ular dibuat dari bahan kertas semen, kerangka badan dari kawat dan bambu. Pembuatan properti merupakan program kerja pendamping yang bertujuan untuk menggerakan karang taruna untuk mampu mengolah dan menyalurkan kreatifitas dalam bidang seni rupa. Sendratari Dewi sri telah tampil perdana pada upacara adat wiwitan di Dusun Krekah, Minggu (13/8). Awal kesuksesan ini memberikan wacana untuk dapat ditampilkan lagi pada perayaan HUT Desa Budaya Gilangharjo pada bulan Oktober mendatang.

Source tasteofjogja.org tasteofjogja.org/isiberita.Fw62jizirfVIpr8o4CpHV8oDlMyNJOTEMG-32RalsojMiVP-bwlOc1vc3pIN2V_cTMODRKS5mxkoPej8_N6HPw
Comments
Loading...