Kesenian Jawa : Sendratari Ramayana, Perjalanan

0 207

Sendratari Ramayana memiliki perjalanan dengan awal yang cukup menarik. Pada tahun 1983, suatu Yayasan Kebudayaan bersama Arts World Wide dari London datang ke Bandung untuk mencari materi kesenian untuk dibawa keliling di Kerajaan Inggris. Dua lembaga kesenian yang dikunjungi yaitu Yayasan Kesenian Gandamekar dan Proyek Penunjang Kebudayaan, yang pada kunjungannya ditampilkan Sendratari Topeng Ramayana hasil karya R. Nugraha Soediredja.

Selain itu disertakan pula materi kesenian pendek, seperti Kecapi Suling, Penca, Tari Lepas dan wayang golek. Ternyata orang-orang asing tersebut terpikat dengan semua yang ditampilkan. Kunjungan itu dilaksanakan selama dua minggu dan mengunjungi tempat dengan satu kali pertunjukan dan beberapa kali ceramah dalam peragaan serta Lokakarya dan sempat pula direkam oleh British Broadcasting Coorporation (BBC) di London. Selanjutnya Sendratari Topeng Ramayana tersebut terlestarikan dengan bantuan dari Universitas Pasundan.

Sendratari Topeng Ramayana sempat dipentaskan di Museum Sri Baduga Bandung sebanyak dua kali untuk menyambut wisatawan pada tahun 1989. Secara berturut- turut, cuplikan Sendratari Topeng Ramayana dipentaskan selama dua tahun untuk Apresiasi Seni bagi pelajar yaitu dari tahun 1993-1995. Terakhir sendratari ini dipergelarkan pada Dies Natalis Unpad di Auditorium Hardja Somantri Unpad tahun 2008, dengan pelatih Yuli Sunarya, salah seorang murid dari R. Nugraha Soediredja, dan para penarinya adalah anggota LISES Unpad. 

Source disparbud.jabarprov.go.id disparbud.jabarprov.go.id/wisata/dest-det.php?id=843&lang=id
Comments
Loading...