Kesenian Jawa : Semarak Festival Budaya Sleman

0 155

Rangkaian gelar budaya dalam acara Festival Desa Budaya 2018 Kabupaten Sleman berlangsung sangat meriah dan menarik perhatian pengunjung. Sabtu (27/10) Festival Desa Budaya diadakan di Lapangan Dusun Pokoh, Wedomartani, Ngemplak, Sleman, acara tersebut di buka oleh Wakil Kepala Dinas Kebudayaan DIY. Dengan tajuk “Toto Titi Tentrem” acara yang diselenggarakan oleh Dinas Kebudayaan DIY tersebut mendapat apresiasi oleh masyarakat umum.

Hal tersebut dapat di lihat dari banyaknya pengunjung yang menikmati sajian pementasan seni pertunjukan dan gelaran pameran. FDB 2018 Kabupaten Sleman diikuti oleh 12 peserta (Desa Budaya) yang berada di seluruh wilayah Kabupaten Sleman. Dari 12 Desa Budaya tersebut antara lain Desa Budaya Wedomartani, Banyurejo, Margodadi, Pendowoharjo, Sinduharjo, Wonokerto, Girikerto, Bangunkerto, Sendangmulyo, Argomulyo, Sendangagung dan Margoagung.

Dua belas Desa Budaya yang menjadi peserta FDB 2018 tersebut diwajibkan untuk menggelarkan seluruh potensi yang dimilikinya. Ragam potensi yang ditampilkan adalah sesuai dengan potensi lokal yang ada seperti produk produk unggulan kerajinan, Kuliner, Pengobatan Tradisional, Dokumentasi Situs situs bersejarah dll. Selain menampilkan ragam kerajinan, Kuliner dan sebagainya Desa Budaya juga wajib menampilkan kesenian pertunjukanya dengan durasi waktu yang telah di berikan oleh panitia. Kesenian pertunjukan yang digelar didepan Dewan Juri memiliki karakteristik dan kekhasan sesuai dengan sejarah desa masing- masing.

Festival Desa Budaya tahun ini banyak menampilkan potensi lokal Jawa

Source Dinas Kebudayaan tasteofjogja.org/isiberita.7WIQWT4WLrfsN8UDqKy06p3DGvJafTYbs6EE1Q0Cfd8
Comments
Loading...