Kesenian Jawa : Rampag Parebut Seeng, Kesenian

0 50

Alun-alun Kampung Budaya Sindang Barang nampak ramai dengan manusia, mereka terlihat berkerumun dan membentuk lingkaran. Setelah melakukan ritual Majiken Pare Ayah dan Pare Ambu sebagai ritual puncak dalam tradisi Seren Taun, masyarakat kini dihibur dengan berbagai kesenian tradisional Sunda, salah satunya adalah Rampag Parebut Seeng. Rampag Parebut Seeng merupakan seni pertunjukkan yang menggabungkan antara seni tari dan seni bela diri.

Rampag Parebut Seeng biasa dipentaskan oleh laki-laki, baik anak-anak maupun orang dewasa. Dalam permainan ini, peserta diharuskan mengenakan pakaian hitam-hitam khas tradisional sunda yang dikenal dengan nama baju kampret, dilengkapi penutup kepala yang disebut iket atau totopong. Sebagai seni tradisi yang sudah ada sejak zaman Kasepuhan Sunda, Rampag Parebut Seeng selalu dipentaskan dalam berbagai acara tradisional masyarakat Sunda, seperti pada pernikahan adat, khitanan, dan Seren Taun.

Source indonesiakaya.com indonesiakaya.com/jelajah-indonesia/detail/rampag-parebut-seeng-kesenian-yang-melatih-pengendalian-diri
Comments
Loading...