Kesenian Jawa : Puncak Tamansari Art Festival 2015

0 162

Dialog terbuka bersama Cak Nun dan Kyai Kanjeng menjadi puncak acara Tamansari Art Festival 2015 di Plaza Ngasem, DIY. Ribuan pengunjung memenuhi Plaza Ngasem Yogyakarta Senin (29/06/15) sejak pukul 20.00 WIB usai sholat Taraweh menghadiri Tamansari Art Festival II, 2015 yang menampilkan Wayang Hip Hop bersama Dhalang Ki Catur “Benyek” Kuncoro dengan konco. Puncak acara diisi dengan dialog mengusung tema “Menjadi Manusia Jawa Sejati” bersama Budayawan EmHa Ainun Najib (Cak Nun) beserta Kelompok Kyai Kanjeng, dua dhalang wayang kulit yakni Ki Seno Nugroho dan Ki Gondo Suharno serta Kepala Dinas Kebudayaan Daerah Istimewa Yogyakarta Umar Priyono.

Dialog segar namun berisi menjadi pusat perhatian utama seluruh pengunjung yang rela tidak meninggalkan tempat duduk hingga pukul 1 dini hari. Pihak panitia penyelenggara telah mengantisipasi serbuan pengunjung dengan menyiapkan big screen tayangan diatas panggung sehingga diposisi manapun pengunjung berada tetap bisa menyimak kejadian di atas panggung tanpa harus berdesakan. Bahkan ada penjual lembaran plastic sebagai alas duduk menjajakan barang dagangannya.

Tema “Menjadi Manusia Jawa Sejati” yang diulas Cak Nun bersama-sama dengan Ki Seno Nugroho dan Ki Gondo Suharno menambah wawasan pengunjung yang sebagian besar adalah anak-anak muda, terlebih para penggemar Cak Nun dan Kyai Kanjeng-nya yang setia mengikuti kemanapun pentas. Orang Jawa itu sangat lembah manah tatkala Majapahit.

Source Dinas Kebudayaan tasteofjogja.org/isiberita.yGR54RkN1DBPHfc9se5SY3XrAxTTZXAUXIIPk6rvSWGKwX-bH63tmdVP26Fs8xuCsYi8Uc-9OrxqkTZNJwIeRw
Comments
Loading...