Kesenian Jawa : Puluhan Karya Dipamerkan Jogja

0 15

Karya seni milik puluhan seniman dari 12 provinsi di Indonesia dipamerkan dalam pameran besar Karya Seni Undagi di Jogja Gallery, Jalan Perkapalan, Alun-alun Utara, sejak Selasa (23/8/2016) hingga 28 Agustus mendatang. Pameran itu dibuka oleh Direktur Kesenian Direktorat Jenderal Kebudayaan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), Senin (22/8/2016) malam. Pameran itu tampil berkat kurator Timbul Raharja dengan sejumlah ko-kurator, seperti Agus, Dafri dan Ahmad Nizam.

Direktur Kesenian Ditjen Kebudayaan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Endang Caturwati mengakui, pameran kriya undagi tergolong masih jarang di Indonesia. Bahkan dengan menghadirkan banyak karya, Pameran Besar Seni Kriya Undagi yang digelar di Jogja Gallery adalah pertama kalinya di Indonesia. Oleh karena itu, pihaknya akan mengupayakan dukungan, pameran serupa bisa digelar setidaknya dua tahun sekali di Jogja. Ia berharap, sejumlah seniman yang awalnya enggan untuk mengikuti pameran, bisa terinsipirasi untuk aktfi terlibat menjadi peserta.

Ini sangat menginspirasi, dari Kementerian akan berupaya untuk memfasilitasi. Ke depan setidaknya anggota atau seniman yang ikut pameran kriya undagi ini harus bertambah

terangnya kepada wartawan seusai membuka pameran, Senin (22/8/2016) malam. Asisten Sekda Bidang Keistimewaan Setda DIY Didik Purwadi yang hadir mewakili Gubernur DIY Sri Sultan Hamengkubuwono X menilai, pameran seni kriya undagi keputusan kreatif yang berinspirasi pada seni budaya Indonesia. Pameran itu akan semakin menguatkan seni.

Source Dinas Kebudayaan tasteofjogja.org/isiberita._XzR2my3KHYD7BaG2qKOWmYkAQVR42MPsVzGxv4gtuS_MHL8v1sOFb_heY6fFCEAnDp12BeGU-5CA0UL7eofCQ
Comments
Loading...