Kesenian Jawa : Produk Ciamik Hasil Kreasi Batik Jawa

0 89

Batik merupakan kekayaan tradisi nusantara. Tidak hanya di Pulau Jawa, berbagai daerah di Indonesia pun memiliki tradisi batik yang mewakili daerahnya masing-masing. Selain sebagai identitas, corak batik yang berbeda-beda di setiap daerah mampu memperkaya khasanah batik nusatara. Kekayaan batik nusantara tersebut juga merepresentasikan manusia Indonesia adalah pencipta dan penikmat kreasi seni yang adiluhung. Tak hanya sebatas karya seni, belakangan ini batik juga dimanfaatkan sebagai industri budaya ekonomi kreatif yang mampu bersaing dengan produk-produk asing yang menyerbu Indonesia.

Di Bogor, misalnya. Kota ini memiliki sentra kerajinan kreatif yang memanfaatkan batik Sunda sebagai nilai jual ekonomis yang mendatangkan keuntungan. Dengan menggunakan merek dagang Batik Bogor Handayani Geulis, sentra kerajinan ini memproduksi berbagai kreasi batik Sunda, mulai dari kain, baju, selimut, sepatu, dompet, hingga pernak-pernik lainnya. Sejak berdiri pada 2009, sentra kerajinan Batik Bogor Handayani yang berlokasi di Taman Bogor Baru Blok B XI Jalan Citarum No 6 memfokuskan usahanya sebagai industri rumahan.

Mengandalkan modal yang berasal dari kocek pribadi, sentra kerajinan ini mampu berkembang dan menghasilkan produk kreasi batik unggulan. Berawal dari hanya memproduksi kain dan baju, kini sentra Batik Bogor Handayani mengembangkan usahanya dengan memproduksi berbagai kreasi batik lain dengan menggunakan dua cara, yaitu batik tulis dan batik cap atau dengan memadukan keduanya.

Source indonesiakaya.com indonesiakaya.com/jelajah-indonesia/detail/produk-ciamik-hasil-kreasi-batik
Comments
Loading...