Kesenian Jawa : Pertunjukkan Rama Shinta Modern

0 10

Pertunjukkan Rama Shinta, sebagai bentuk kegiatan ulang tahun karang taruna yang ke 31. Kreativitas para remaja tersebut banyak mendapatkan apresiasi dari banyak pihak diantaranya kepala desa Gilangharjo, kepala dusun Gunting dan Dinas Kebudayaan DIY. Bapak Sambodo, selaku Tim Monitoring kegiatan Pendampingan Desa Budaya  di Gilangharjo memberikan dukungan pada kegiatan tersebut.

Desa Gilangharjo ditetapkan sebagai desa budaya pada tahun 2016. Dengan demikian kegiatan seni budaya harus selalu dilestarikan. Untuk menggelar suatu pertunjukkan seni tidak harus menunggu keterampilan yang sangat baik dalam bidang seni. Jika menunggu hal tersebut, kegiatan seni tidak akan dapat terealisasi

pemaparan beliau pada saat memberikan sambutan. Sebelum pertunjukkan Rama Shinta digelar di halaman sanggar Tunas Budaya, diadakan prosesi potong tumpeng yang dilakukan oleh Bapak Sambodo yang kemudian dibagikan kepada para anggota karang taruna.Pemotongan tumpeng sebagai bentuk rasa syukur dan berbagi atas nikmat danrejeki kepada sesama. Kegiatan selanjutnya, pertunjukkan Rama Shinta yang diperankan oleh para remaja dengan kreativitas dalam bentuk semi komedi.

Meskipun latihan hanya dilakukan dalam waktu yang singkat tetapi pertunjukkan tersebut dapat digelar dengan baik dan menghibur para penonton. Kesuksersan pertunjukan tersebut memberikan semangat karang taruna untuk selalu menggali potensi diri dalam melestarikan seni budaya dan kegiatan positif lainnya. Kecintaan terhadap seni dan budaya harus dikenalkan sejak amat dini.

Source tasteofjogja.org tasteofjogja.org/isiberita.zhuQfI8Pk9aUuWFh9ULp9HzId9X3hd5Y2zMWo2kqKs7NJKR3treq9X0Tlw8se7xXdSvFYuYBXZ3_HH9C-jCAZg
Comments
Loading...