Kesenian Jawa : Pencak Cimande, Dipopulerkan Bapak Sakir

0 8

Pencak Cimande dipopulerkan dan disebarkan oleh Bapak Sakir, warga setempat. Beliau adalah tokoh Pencak Silat yang memiliki banyak pengetahuan tentang Pencak Silat serta memiliki perihal ilmu kebatinan. Karena itulah gerak-gerak Pencak Silat ciptaan Bapak Sakir populer dengan sebutan Pencak Silat Cimande, mengambil asal daerahnya yaitu Kecamatan Cimandr. Gaya Cimande ini berkembang ke daerah Cianjur lainnya, Bandung dan Jakarta. Keistimewaannya terletak pada kekuatan memukul dan kekuatan menahan, jarang menghindar, setiap serangan dibalas dengan serangan pula.

Jurus (gerakan dasar Cimande) lebih sederhana, banyak mempergunakan gerakan tangan dari pada gerak kaki dan lebih banyak bergerak di atas dengan sikap tangan terbuka, yang pada dasamya banyak menggunakan tangan baplang. Murid-murid yang terkenal adalah R. Wiranegara, Bah Ace, Bah Soleha, Bah Surma, Eyang H. Somad. Di Bandung perkumpulan Mande Muda pimpinan Uyuh Suwanda, bahkan sebagai gurunya. Antara tahun 1776 – 1813 Kabupaten Cianjur di perintah oleh Bupati R. Aria Wiratanudatar II, Bupati Cianjur ke-5 dari keturunannya, atau di sebut juga Dalem Enoh.

Pada masa pemerintahannya, beliau mengetahui bahwa Bapak Sakir seorang ahli Pencak Silat. Kemudian di angkatlah Bapak Sakir sebagai Guru Pencak Silat di Kabupaten Cianjur yang merangkap sebagai anggota keamanan Kabupaten. Menurut ahli sejarah Kabupaten Cianjur, selain R. Wiranagara terdapat pula R. Obing Ibrahim dan R.H. Ipung.

Source di disparbud.jabarprov.go.id/wisata/dest-det.php?id=555&lang=id

Leave A Reply

Your email address will not be published.