Kesenian Jawa : Pelatihan Tata Rias dan Busana, Kricak

0 98

Kricak baru saja melaksanakan pelatihan Tata Rias dan Busana untuk pentas. Pelatihan dilaksanakan selama 2 hari, yaitu pada tanggal 7 dan 8 Agustus 2018. Narasumber pada pelatihan tersebut yaitu Pak Rovi Kurniawan, Bu Ninik Hadiprayitno, Pak Slamet Jayeng, dan Pak Hery Prasetya. Peserta yang mengikuti pelatihan sebanyak 40 orang, yang ditunjuk dari perwakilan 13 RW se Kelurahan Kricak. Pelatihan hari pertama diawali dengan materi tata rias yang disampaikan oleh Bu Ninik dan Pak Rovi.

Bu Ninik menyampaikan materi tentang rias tari Edan-edanan, karena Kelurahan Budaya Kricak mempunyai kelompok tari Edan-edanan namun masing-masing personil belum dapat makeup sendiri-sendiri. Sedangkan Pak Rovi menyampaikan materi tentang perbedaan busana Jogja dan Solo, serta kostum bergodo. Pelatihan hari kedua, diisi dengan materi tata busana yang disampaikan oleh Pak Slamet Jayeng dan Pak Hery Prasetya. Materi antara lain latihan mengenakan jarik untuk putra dan putri, jarik untuk prajurit putri, jarik model capit urang, jarik model abdi dalem, dan membuat blangkon gaya jogja menggunakan iket. Antusias para peserta sangat baik, peserta sangat interaktif. Diharapkan kedepannya akan ada pelatihan-pelatihan lain agar lebih memperkaya wawasan dan keterampilan warga masyarakat Kelurahan Kricak. 

Source tasteofjogja.org tasteofjogja.org/isiberita.4gTcs8IYSXIjx64v4YsSj4WdwDipYVhoc22tCWLe587MiVP-bwlOc1vc3pIN2V_cTMODRKS5mxkoPej8_N6HPw
Comments
Loading...