Kesenian Jawa : Pelatihan Tari Jathilan Anak Gilangharjo

0 25

Upaya regenerasi pelaku seni sudah mulai digalakkan oleh Pemerintah Desa Gilangharjo dengan didukung karang taruna. Hampir tiap dusun kegiatan seni digerakkan oleh kaum muda sebagai pelaku maupun managerial. Di Dusun Kwatangan, banyak anak-anak memiliki talenta pada bidang seni. Rata-rata usia mereka setara kelas Paud, SD dan SMP. Pendamping desa budaya Gilangharjo bekerja sama dengan karang taruna memberikan pembinaan kepada anak-anak dengan pelatihan tari Jathilan.

Pelatihan dikuti sekitar 20 anak yang berdomisili di Dusun Kwatanga, pada hari Minggu dan Selasa. Latihan dasar pola lantai dan gerakan tarian sederhana untuk menambah eksotis tarian. Pelatihan ini merupakan program pendamping untuk memperkenalkan dan mengakrabkan anak-anak dengan kegiatan seni. Dengan demikian dapat menumbuhkan kecintaan terhadap seni budaya bersinergi pada program pelestarian seni budaya. Upaya untuk memicu semangat berlatih anak-anak, Tarian Jathilan akan dipentaskan pada malam tirakatan, 16 Agustus 2018 di Pendhapa Kwatangan, Gilangharjo.

Para pemuda akan mengiringi tarian dengan tabuhan gamelan yang harmonis.  Pada kegiatan pentas tersebut menampilkan potensi kesenian diantaranya; Gejok lesung, Tarian, Jathilan Anak dan drama “Ande Ande Lumut’. Selanjutnya, tanggal 17 Agustus akan diselenggarakan perlombaan untuk memeriahkan perayaan HUT RI.

Source tasteofjogja.org tasteofjogja.org/isiberita.LnYAAjhrKtYu75DYduWHcX6tY9p6pxzXWXgVEifo2knMiVP-bwlOc1vc3pIN2V_cTMODRKS5mxkoPej8_N6HPw
Comments
Loading...