Kesenian Jawa : Para Pemain, Waditra Seni Rudat

0 208
Jumlah pemain Rudat berkisar antara 12 sampai 24 orang, mulai dari jumlah yang menabuh waditra / alat sampai sebagai penari dan sebagai penyanyi.
Waditra yang digunakan terbuat dari bahan yang ada di lingkungan, jenis waditranya adalah seperti di bawah ini:
• Ketimpring, berbentuk bulat seperti tempayan, terbuatdari kayu dan kulit kerbau, dengan ukuran muka garis tengahnya 36 cm, belakang garis tengahnya 26 cm dan tingginya 18 cm, ketebalan kayu 1 cm, ditambah kerincingan antara 2 sampai 3 buah.
• Tojo, berbentuk bulat seperti tempayan, terbuat dari kayu dan kulit kerbau, dengan ukuran muka garis tengahnya 37 cm, belakang garis tengahnya 26 cm tingginya 18 cm, dengan ketebalan kayu 1 cm, kencringan berjumlah 2 sampai 3 buah.
• Nganak, berbentuk bulat seperti tempayan, terbuat dari kayu dan kulit kerbau dengan ukuran muka bergaristengah 36 cm, belakang bergaris tengah 26 cm dengan tinggi 18 cm dan ketebalan kayu 1 cm
• Gendrung, berbentuk bulat seperti tempayan, terbuat dari kayu dan kulit kerbau, memiliki ukuran muka dengan garis tengah 37 cm, dan garis tengah belakang 27 cm, tinggi 18 cm dengan tebal
• Jidor, berbentuk bulat seperti bedug, terbuat dari kayu dan kulit kerbau. Ukuran garis tengah 44 cm
Source scribd.com scribd.com/doc/24796040/KESENIAN-RUDAT-BANTEN
Comments
Loading...