Kesenian Jawa : Orkestra Jogja Sound Archipelago

0 145

Bertempat di concert hall Taman Budaya Yogyakarta (TBY) grup musik etnis dari Yogyakarta Gangsadewa menggelar orkestra dengan tajuk Jogja Sound of Archipelago (JSA) pada Kamis (28/7) malam. Jogja Sound of Archipelago dibuka oleh Kepala Dinas Kebudayaan DI Yogyakarta, Umar Priyono melibatkan sekira 100 pemain musik. Selain Gangsadewa tampil lima kelompok musik Sanggar Tarara, Kesper, Etno Ensemble ISI Yogyakarta, Gita Nala dari Gereja Kristen Jawa Gondokusuman, serta orkes tiup Jurusan Seni Musik ISI Yogya.

Umar Priyono menjelaskan bahwa kegiatan orekestra sejenis secara rutin dilakukan setiap tahun dengan menjadikan TBY sebagai ‘mangkuk bagi salad bowl’ bagi proses berkesenian dan berkebudayaan untuk para pelaku seni di wilayah Yogya.

Kita sudah sepatutnya menghargai warna musik indah dan beragam yang berasal dari seluruh Indonesia. Jika dilakukan secara interaktif dan berulang akan menjadi dignity sebuah bangsa yang dapat ditumbuhkembangkan. (Dalam hal ini) Budaya sebagai soft diplomasi menghadapi era globalisasi yang sedang kita hadapi saat ini

jelas Umar Priyono dalam sambutannya. JSA diawali dengan penampilan Sanggar Tarara yang membawakan repertoar dalam permainan rebana dan slompret Madura. Anoman, kelompok musik etno ensemble ISI Yogyakarta yang terdiri dari lima mahasiswa memainkan alat musik petik kecapi dan sapek dengan tiga buah repertoar dari Dayak Kalimantan Tengah, dilanjutkan penampilan Kesper, sebuah kelompok musik.

Source Dinas Kebudayaan tasteofjogja.org/isiberita.gYF-gHI1UMsIbDrv7bhbs94iUjVJB3MkwmvDGbt0qKKk2AHtmaweq_Y5BGhArqbxVENyDN00GkS8ptMDCtTmvA
Comments
Loading...