Kesenian Jawa : Orde Tabung ‘Pak Bina’ Mbangun

0 20

Lakon teater karya Heru Kesawa Murti atau yang dikenal dengan Pak Bina di serial televisi Mbangun Desa akan dipentaskan oleh Teater Gandrik di Taman Budaya Yogyakarta (TBY) 26 Agustus 2016 mendatang. Pentas tersebut merupakan puncak Gelar Maestro ke-8 TBY yang kali ini mengangkat almarhum Heru Kesawa Murti. Kepala TBY Drs Diah Tetuko Suryandaru kepada wartawan Senin (22/8/2016) mengatakan pemilihan Heru Kesawa Murti untuk dijadikan maestro adalah karena karya luar biasa di bidang teater dan seni peran. Menurut dia, selama hidupnya (9 Agustus 1957- 1 Agustus 2011) Heru Kesawa Murti sangat produktif membuat karya baik itu lakon teater ataupun skenario televisi.

Itulah alasan mengapa Pemerintah DIY harus mengapresiasi sosok Heru Kesawa Murti yang ternyata peran untuk seni teater khususnya di Yogyakarta ini sangat besar. Beliau menginspirasi dan punya dedikasi untuk perkembangan seni teater

ungkapnya. Tak main-main, Teater Gandrik dengan Butet Kertarajasa, Djaduk Feriyanto, Susilo Nugrohi atau Jujuk Prabowo akan membawakan langsung salah satu lakon karya Heru yang berjudul Orde Tabung.

Nanti 26 Agustus 2016 pukul 20.00 WIB akan dipentaskan di concert hall TBY, masyarakat bisa langsung menyaksikan

imbuhnya. Sementara itu salah satu pentolan Gandrik, Djaduk Feriyanto mengaku akan membawakan lakon Orde Tabung ini dengan sentuhan khas Gandrik.

Spiritnya tetap teater rakyat yang menjadi khas Gandrik, pokoknya datang dan saksikan saja nanti

Source Dinas Kebudayaan tasteofjogja.org/isiberita.AEP-ACKitNgQ3zY_hBPsg3vekIg2-Zdcwn72FVKUM-bVoVAT5E9QCnSREK5qxYqSWctEhWm6frgroEbwah63Ng
Comments
Loading...