Kesenian Jawa : Musik/Lagu Tarling Cirebon Modern

0 230

Berdasarkan sumber melodi dan bentuk irama yang digunakan, musik/lagu Tarling Modern terbagi atas dua jenis, yakni: Irama Cirebon Beraturan, dan Irama Cirebon Tidak Beraturan.

a. Irama Cirebon Beraturan

Lagu-lagu jenis ini, berpijak atau merupakan karya modifikasi dari karya Tarling Klasik ataupun lagu khas Cirebon. Notasi lagu memiliki bentuk yang tetap dan tertulis, syair lagu mulai terarah dan subyektif. Lagu irama Cirebon Beraturan berkembang pada sekitar tahun 1960-an. Contoh lagu jenis ini diantaranya : Warung Pojok, Pengantin Baru, Sumpah Suci, Salah Pilih, dan lain-lain. (lagu “Warung Pojok dapat dilihat pada lampiran).

b. Irama Cirebon Tidak Beraturan

Lagu-lagu jenis ini dapat digolongkan menjadi dua : Senyawa dengan Irama Cirebon Beraturan, dan Ingkar dari alur budaya (Karawitan Cirebon) atau bersumber dari lagu-lagu popular dimasyarakat luas.

c. Senyawa dan Irama Cirebon Beraturan

Komposisi lagu jenis ini, lebih dekat dengan lagu gamelan Cirebon. Ia berdiri sendiri. Interval melodi mirip dengan lagu-lagu Karawitan Cirebon

d. Ingkar dari Alur Karawitan Cirebon

Karya musik/lagu jenis ini tidak dapat dimainkan dengan musik gamelan. Ia berdiri sendiri serta banyak di pengaruhi atau memasukan unsur-unsur asing dari lagu/musik jenis lainnya, terutama musik popular dan dangdut. Lagu–lagu yang tergolong jenis ini diantaranya : Pemuda Idaman, Bisikan Ati, Dewa, Duit, Enakan, Kawin Paksa, dan lain – lain.

Source riyanhidayat28.wordpress.com riyanhidayat28.wordpress.com/makalah-tentang-tarling-dikembangkan-dari-pemikiran-beberapa-narasumber-dan-literatur
Comments
Loading...