Kesenian Jawa : Musik (Lagu – Lagu) Tarling Klasik

0 248

Komposisi lagu Рlagu Tarling Klasik, pada dasarnya modifikasi dari karya seni karawitan Cirebon. Umumnya, diciptakan dan dimainkan dalam laras pelog, seperti: Kiser Saidah, Cerbonan, Dermayonan. Lagu Tarling Klasik mempunyai bentuk dan pola yang tetap. Umumnya tidak dapat diiringi musik yang dimainkan secara bentuk akor/chord seperti dalam memainkan musik pop lainnya, instrumen gitar dimainkan dalam bentuk petikan dan laras pelog yang didekatkan pada laras diatonis.

Walaupun demikian, akan dijumpai beberapa bentuk lagu Klasik Cirebon, seperti : Klasik Malela, yang dapat dimainkan dalam iringan bentuk akor/chord, karena dapat disesuaikan dalam tangga nada minor pada skala diatonis. Warung Pojok, Penganten Baru, Sumpah Suci, Salah Pilih, dan lain-lain adalah contoh lagu-lagu dengan irama musik yang dimodifikasi dan tempo irama di percepat. Contoh lagu Tarling Khas yang cukup terkenal pada awal perkembangan musik ini adalah Kiser Saidah. Lagu-lagu Tarling Khas Cirebon ini, menjadi dasar pijakan bagi karya-karya musik/lagu jenis tarling Modern (kekinian).

Source riyanhidayat28.wordpress.com riyanhidayat28.wordpress.com/makalah-tentang-tarling-dikembangkan-dari-pemikiran-beberapa-narasumber-dan-literatur
Comments
Loading...