Kesenian Jawa : MMG Berkreasi Melalui Seni Rupa

0 17

MMG (Muda Mudi Gunting), Gilangharjo, Pandak, Bantul telah memiliki agenda untuk mengikuti Festival Takbir Keliling yang diselenggarakan di Gedongsari, Pandak, Bantul pada tanggal 22 Agustus 2018. Upaya untuk menampilkan yang terbaik telah dipersiapkan dalam kurun waktu satu bulan. Persiapan tersebut meliputi pembuatan kostum, properti, gerakan tarian, instrument musik dan penciptaan tembang. Jumlah peserta dan kru berkisar 100 orang, terdiri dari karang taruna dan anak-anak. MMG mengusung tema

Kemerdekaan Budaya

sesuai dengan misi untuk melestarikan kebudayaan melalui kegiatan kreatif. Terinspirasi dari cerita Rama dan Shinta, MMG mengaplikasikannya melalui kostum, properti dan tembang. Keseluruhan kostum dibuat secara mandiri, kostum pemain dan maskot. Kostum pemain terbuat dari bahan jarik dan jilbab yang dimodifikasi, sedangkan kostum maskot terbuat dari spon ati dan kertas, difinishing dengan menggunakan cat air yang menggambarkan karakter sosok “Shinta”pada cerita Ramayana.

Properti pendukung berupa obor, lentera, topeng dan wayang. Wayang dibuat dengan kertas emas dibuat menyerupai tokoh Punakawan, topeng terbuat dari kertas yang kemudian dilukis sebagai pendukung tarian Klana Topeng. Keseluruhan properti dan kostum dibuat dengan menggunakan dana mandiri dan dieksekusi oleh tim kreatif MMG. Instrumen musik dibuat dengan menggabungkan alat musik tradisional dan modern yaitu saron, demong dan basdrum. Gabungan alat musik tersebut memberikan nuansa melodi harmonis dan klasik dipadukan dengan tembang.

Source Dinas Kebudayaan tasteofjogja.org/isiberita.YVjlicOqilQ26Z54ofohSRB1u3ihe2LDRBzgG8gp-2E
Comments
Loading...