Kesenian Jawa : Meriahnya Parade Solo Karnaval

0 26

Malam itu Kota Solo tidak seperti biasanya. Masyarakat Solo nampak memadati sepanjang Jalan Slamet Riyadi untuk menyaksikan parade terakbar yang digelar dalam rangka hari lahir Kota Solo bernama Solo Karnaval. Para peserta parade terlihat sudah memadati halaman depan Ngarsupuro dengan mengenakan berbagai kostum tradisional khas Jawa Tengah. Terlihat di barisan paling depan ada pasukan drum band dari Pemerintah Kota Solo yang mempertunjukan atraksi apik di hadapan penonton.

Dengan dipimpin seorang mayoret, pasukan drum band ini memimpin semaraknya parade Solo Karnaval malam itu. Tepat di barisan belakang drum band terdapat pasukan kuda dan kereta kuda yang mengawal pasukan parade. Di belakang kereta kuda terdapat Pasukan jenang yang membawa 17 jenis jenang yang ada di Jawa Tengah seperti jenang pati, jenang sumsum, jenang koloh. Jenang-jenang ini berasal dari Festival Jenang yang belum lama diselenggarakan di Kota Solo.

Selain pasukan jenang, parade malam itu juga diramaikan dengan pasukan ibu-ibu yang membawa bakul. Dengan penuh semangat, ibu-ibu yang sudah terlihat tua ini mendapat sambutan hangat dari masyarakat yang memadati Jalan Slamet Riyadi hingga depan Kantor Pos Jalan Sudirman, Solo. Para penonton terlihat antusias melihat parade ini, beberapa penonton bahkan masuk ke dalam rombongan parade untuk mengabadikan momen karnaval yang mengambil tema merayakan kostum Jawa ini.

Source Indonesia indonesiakaya.com/jelajah-indonesia/detail/meriahnya-parade-solo-karnaval-memperingati-hari-lahir-kota-solo
Comments
Loading...