Kesenian Jawa : Marhabanan, Budaya Islam Banten

0 189

Sebagai daerah yang pernah memiliki akar sejarah yang kental dari peradaban Kerajaan Islam sejak awal abad 16 dulu, Provinsi Banten memiliki banyak sekali budaya dan tradisi yang syarat dengan syiar dan khazanah Islam, salah satunya “Marhabanan“. Ritual Marhabanan adalah pembacaan syair-syair pujian kepada Nabi besar Muhammad SAW yang umumnya bersumber dari kitab Al-Barzanji. Kata “Barzanji” sendiri dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia diartikan sebagai isi bacaan puji-pijian yang berisi riwayat Nabi Muhammad SAW.

Marhaban Ya Nurul ‘Aini
Marhaban… Marhaban…
Marhaban Jaddal Husaini
Marhaban… Marhaban

Barzanji berasal dari kata Al-Barzanj, nama belakang penulis prosa dan puisi terkenal yang mempunyai nama lengkap Ja’far Al-Barzanji. Syekh Ja;far Al-Barzanji bin Husin bin Abdul Karim lahir di Madinah tahun 1690 dan wafat tahun 1766. Al-Barzanj berasal dari sebuah daerah di Kurdistan, Barzinj. Nama asli kitab karangan yang kemudian lebih dikenal dengan nama Al-Barzanji adalah “Iqd Al-Jawahir” yang berarti “kalung permata”. Kitab tersebut disusun untuk meningkatkan kecintaan kepada Nabi Muhammad SAW.

Kitab Al-Barzanji berisi tentang kehidupan Nabi Muhammad dari masa kanak-kanak hingga diangkat menjadi Rasul, silsilah keturunannya, sifat mulia yang dimilikinya, dan berbagai peristiwa yang dapat menjadi teladan umat Islam. Marhabanan di Banten biasanya dilakukan pada saat acara-acara tertentu, seperti Maulid Nabi, syukuran kelahiran anak atau aqiqah, dan perayaan lain.

Source faktabanten.co.id faktabanten.co.id/marhabanan-warisan-kebudayaan-islam-di-banten-yang-harus-dipertahankan
Comments
Loading...