Kesenian Jawa : Lomba Napeni Gabah & Nylumbat

0 17

Sebanyak 9 kelompok gejog lesung dikawasan DIY akan meramaikan kegiatan Festival Lesung Keistimewaan (FLK) dalam rangka memperingati bergabungnya NKRI 5 September. Demikian informasi tersebut disampaikan oleh Agus Sunandar, Sekretaris Panitia kegiatan FLK saat bertemu dengan Tim Gudegnet di Dinas Kebudayaan, DIY.

Kegiatan ini merupakan bentuk respon keresahan kami akan budaya tradisional yang semakin hilang, inisiasi ini sekaligus sebagai bentuk tanggapan masyarakat disekitar Dukuh, Banyuraden, Gamping, Sleman yang hampir saat ini tidak memiliki ragam kesenian. Padahal dulunya banyak

Jelasnya. Sembilan kelompok gejog lesung tersebut diantaranya adalah Gejog Lesung Asem Gede (Kalibawang, KP), Dewi Arum (Sleman), Bangunjiwo (Bantul), Gejog Lesung Rosa (Sentolo), Cahaya Pintar (Nglipar), Nyutra Budaya (Wirogunan), Gejog Lesung ‘mBeling’ dan sejumlah penampil lainnya. Tak hanya itu, kegiatan juga akan diramaikan aktivitas tradisional lain berupa lomba napeni beras dan nylumbat kelapa (mengupas kelapa).

Prediksi kami, acara ini akan banyak peminatnya, terutama generasi muda yang memang penasaran dengan aktivitas ini

Katanya. Acara ini, diakui Agus merupakan bentuk rekonstruksi sosio kultural yang disadari memang sudah mulai punah ditelan perkembangan jaman. Sehingga, diharapkan dapat menjadi role model sekaligus dapat menjadi kalender event di Dinas Kebudayaan, DIY. Dilokasi yang sama, Bambang Marsamtoro, Kasi Sejarah Disbud DIY mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan bentuk dukungan dinas kepada seni tradisi.

Source tasteofjogja.org tasteofjogja.org/isiberita.vOeSbWXE4SsK8u7Wnbbh_4lyLh9beSnQutPDubAoeMS1kwPhwqx8gKyp1MTd92bwGXPPY1m4uIIFnYAN1HQc8Q
Comments
Loading...