Kesenian Jawa : Ketoprak di Kecamatan Sewon, DIY

0 84

Ajang lomba ketoprak menjadi salah satu alternatif membangun generasi dan menguri-uri budaya, salah satunya adalah kesenian Ketoprak di Desa Panggungharjo, dalam hal ini Lomba Ketoprak antar Desa di Kecamatan Sewon yang dilaksanakan hari jumat dan Sabtu, tanggal 20-21 Juli 2018 di Pendopo Kantor Kecamatan Sewon. Desa yang berpartisipasi diantaranya Desa Panggungharjo, Timbulharjo dan Pendowoharjo, pelaksana kegiatannya adalah FKKB Kecamatan Sewon.

Kegiatan ini bentuk penjaringan anak muda untuk dapat berkecimpung di dunia kesenian ketoprak, yaitu pencarian bakat-bakat baru potensi ketoprak sehingga ke depan dapat tercipta pelaku ketoprak yang handal dan mumpuni, begitu ungkapan dari Bapak Sarjono selaku sutradara ketoprak panggung budaya. Apresiasi ini menjadikan langkah awal, sehingga forum ketoprak desa Panggungharjo dapat berjalan dengan baik. Serta dukungan dari pengelola desa budaya bumi panggung dan pemerintah desa agar kedepan dapat mewadahi bibit muda potensial agar dapat terus eksis dan berkembang, baik itu dukungan kegiatan pentas maupun pendanaan.

Kesenian Ketoprak merupakan salah satu potensi kesenian Desa Budaya yang dapat menguatkan (mempertahankan) Desa Panggungharjo sebagai Desa Budaya, sesuai SK Gubernur DIY No. 262/KEP/2016 tentang penetapan Desa Budaya di D.I Yogyakarta.

Source tasteofjogja.org tasteofjogja.org/isiberita.2Zbob3DtJHYTnKLTPmy2N02D_EjYfIwT4442Hl5TqV07msWeIr9WvCrFrWZDTJrBfHcew7EpICClmD0WuDRyrg
Comments
Loading...