Kesenian Jawa : Kesenian Wayang Cakruk sebagai Media

0 14

Media peragaan oleh Dinas Sosial Provinsi DIY menampilkan wayang cakruk dilangsungkan Rabu malam 25/7/2018 di pedukuhan 04 Tinggen, Srigading, Sanden, Bantul. Menurut Sukiyatno, S.Pd Salah satu panitia yang berhasil ditemui menjelaskan bahwa acara ini dikemas dengan media peragaan yang bernuansa kesenian sehingga diharapkan menarik minat masyarakat untuk menghadiri penyuluhan tersebut.dan terbukti dengan banyaknya warga yang datang menyaksikan pementasan tersebut.

Dibuka dengan penampilan tarian yang dibawakan warga setempat dilanjutkan sambutan dari pemerintah desa oleh lurah desa Srigading Wahyu Widada, S.E. Sementara dari Dinas sosial diwakili oleh Heru Gondomono dilanjutkan pementasan wayang cakruk oleh Dalang Ki Marno Purbo Carito dari Gunungkidul. Penyuluhan tentang berbagai masalah sosial dimasyarakat yang dikemas dengan pementasan kesenian wayang cakruk tersebut cukup menarik perhatian penonton.

Apalagi dengan adanya penampilan bintang tamu dengan menyisipkan lagu dan dialog yang lucu dan menghibur. Cara penyampaian informasi ataupun penyuluhan yang dibalut dengan pementasan seni budaya tampaknya bisa jadi solusi agar lebih menarik dan mengena sehingga pesan yang disampaikan bisa lebih mudah diterima oleh masyarakat.

Source tasteofjogja.org tasteofjogja.org/isiberita.ouhE5bRK4b99GvZ8781vx4ISDj1-bWgi-Bb5YYQShmQ7msWeIr9WvCrFrWZDTJrBfHcew7EpICClmD0WuDRyrg
Comments
Loading...