Kesenian Jawa : Kemprongan, Seni Asal Kuningan

0 78
Kemprongan adalah salah satu seni tradisional asal Kabupaten Kuningan, yang hilag 30 tahun silam. Tarian ini konon berasal dan pernah ada di desa Sidaraja dan Citangtu. Dilakukan oleh masyarakat petani pada malam hari hingga tengah malam atau menjelang subuh, sebagai ungkapan rasa syukur setelah selesai panen. Pelaksanaan pertunjukan dilakukan di lapangan atau arena terbuka yang dikelilingi pepohonan. Sementara untuk menerangi tempat pertunjukan menggunakan Oncor (Obor) dan disimpan di tengah-tengah lapangan.
Namun seiring perkembangan jaman, tarian ini mengalami kepunahan tergerus arus modernisasi dan sudah lama ditinggalkan pelakunya. Demikian dikatakan Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kabupaten Kuningan, Drs. Tedi Suminar saat ditemui di ruang kerjanya beberapa waktu lalu. Untuk membangkitkan kembali Tari Kemprongan, saat ini kata Teddy, tengah dilakukan latihan yang diagendakan sebanyak 30 kali latihan melalui kegiatan Pewarisan Tari Kemprongan.
Kegiatan latihan ini diikuti oleh para pelaku seni tradisional di Kabupaten Kuningan, bertempat di Gedung Kesenian Kuningan. Sementara latihan itu sendiri diselenggarakan oleh Balai Pengelolaan Taman Budaya Jawa Barat atau BPTB Jabar bekerjasama dengan Disparbud Kabupaten Kuningan. Dijelaskan Tedi, bahwa Tari Kemprongan merupakan salah satu dari kesenian tradisional yang masuk dalam program kegiatan pewarisan yang akan dilaksanakan terhadap 13 kesenian tradisional di 13 kabupaten (kota) di Jawa Barat. Ke 13 kesenian tradisional tersebut sudah punah.
Source mediacenterkuningan.blogspot.co.id mediacenterkuningan.blogspot.co.id/2012/04/tari-kemprongan-aset-budaya-tradisional.html
Comments
Loading...