Kesenian Jawa : Kemah Budaya DIY pada Tahun 2017

0 16

Kemah Budaya merupakan program internalisasi budaya yang dikemas dalam bentuk kegiatan kepramukaan yang menitikberatkan pada upaya pengenalan, penguatan, dan pengembangan kebudayaan di kalangan generasi muda. Kemah Budaya diselenggarakan sekali setiap tahun oleh Balai Pelestarian Cagar Budaya D.I. Yogyakarta, Museum Benteng Vredeburg Yogyakarta, Balai Pelestarian Nilai Budaya D.I. Yogyakarta, bekerja sama dengan Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Daerah Istimewa Yogyakarta. Pada tahun 2017 ini, Kemah Budaya kembali digelar pada 21 s.d. 25 Juli 2017 di Bumi Perkemahan Pengembangan Candi Prambanan, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Kemah Budaya yang ke-11 ini bertema

Nyalakan Semangat Kemandirian Generasi Muda guna Memperkokoh Identitas dan Jati Diri Bangsa

Peserta Kemah Budaya 2017 terdiri dari pramuka tingkat penggalang dan penegak sejumlah 210 orang yang terdiri dari masing-masing Kwartir Cabang Gerakan Pramuka se-DIY, yaitu Kwarcab Sleman, Kwarcab Bantul, Kwarcab Kulon Progo, Kwarcab Gunungkidul, dan Kwarcab Kota Yogyakarta. Adapun rinciannya yaitu 120 orang pramuka penggalang dan 80 orang pramuka penegak. Untuk regu pramuka penggalang, setiap Kwarcab mengutus 8 pramuka penggalang putra dan 16 pramuka penggalang putri.

Sementara untuk regu pramuka penegak, setiap Kwarcab mengutus 8 pramuka penegak putra dan 8 pramuka penegak putri, ditambah masing-masing Kwarcab mengutus dua orang pimpinan kontingen cabang (pinkoncab)  untuk memimpin regu putra dan putri, masing-masing satu orang. Kemah Budaya pada prinsipnya merupakan kegiatan pembinaan generasi muda yang edukatif.

Source kebudayaan.kemdikbud.go.id kebudayaan.kemdikbud.go.id/bpcbyogyakarta/press-release-kemah-budaya-2017
Comments
Loading...