Kesenian Jawa : Katalog Film Online Dinas Budaya

0 169

Sekarang ini, masyarakat di Daerah Istimewa Yogyakarta khususnya, dan masyarakat lain pada umumnya, dapat dengan mudah mengetahui film dan karya audio visual Dinas Kebudayaan Daerah Istimewa Yogyakarta, melalui katalog film online, dengan tautan (link) http://budaya_jogjaprov.go.id/katalog_online_video. Adanya katalog ini, dilatarbelakangi pentingnya upaya pelestarian arsip film dan karya audio visual. Dinas Kebudayaan Daerah Istimewa Yogyakarta, melalui Seksi Perfilman, berupaya mempertahankan keberadaan arsip film dan karya audio visual, termasuk agar dapat bermanfaat bagi masyarakat banyak, sesuai dengan kebutuhan dan perkembangan zaman.

Pengarsipan demikian, perlu pengawasan, konsultasi, dan keterlibatan tenaga ahli atau profesional. Mereka merancang, mulai dari output katalog online, tampilannya, pemrograman katalog dengan bahasa program, meliputi pembuatan sistem, sampai pada tahap mengunggah (upload) katalog pada server, termasuk melakukan penyesuaian (sinkronisasi) katalog dengan server yang telah disediakan Dinas Kebudayaan DIY. Setelah berhasil diunggah, muatan (konten) video, tulisan, dan gambar, dimasukkan, sebelum katalog siap diluncurkan kepada khalayak.

Pembuatan katalog film online itu juga mengacu pada perkembangan terbaru situs katalog online terkemuka di luar negeri dan dalam negeri. Situs-situs ini dikelola dan merupakan hasil kerja sama sineas, penulis, dan pengguna situs. Film, artikel film dan industri hiburan, cerita menarik yang tidak dibuka melalui bioskop dan televisi, sampai pendongeng yang tidak terikat rumus, mengejutkan, dan membuka pandangan.

Source Dinas Kebudayaan tasteofjogja.org/isiberita.MbhYPUAAEIiGO2jrb6NfoPH3YRwnTRwveRLGkdV_GgPMiVP-bwlOc1vc3pIN2V_cTMODRKS5mxkoPej8_N6HPw
Comments
Loading...