Kesenian Jawa : Instrumen dalam Tari Dogdog Lonjor

0 231

Instrumen yang digunakan dalam Tari Dogdog Lojor ini adalah dua buah Dogdog Lojor dan empat buah Angklung. Keempat buah Angklung tersebut memilki nama, yang terbesar dinamakan Gonggong, kemudian Panembal, Kingking dan Inclok. Tiap instrumen dimainkan oleh seorang pemain sehingga semuanya berjumlah enam orang. Lagu-lagu Dbgdog Lojor diantaranya Lagu Bale Agung, Samping Hideung, Oleng-oleng Panganten, Si Tunggul Kawung, Adulilang dan Adu-aduan.

Lagu-lagu ini berupa vokal dengan ritmis Dogdog dan Angklung cenderung tetap. Sedikit berbeda dengan yang pernah tersaksikan pada tahun 1970­an di Kampung Adat Sirnaresmi Kec. Cisolok Kab. Sukabumi. Disini jumlah Angklungnya lebih banyak serta ditampilkan oleh dua kelompok yang seolah-olah berlawanan serta bertanding dalam mempertontonkan keragaman keterampilannya. Secara kompak masing-masing kelompok mempertunjukkan berbagai Iangkah sambil menabuh Angklungnya dan Dogdog Lojor.

Mereka meloncat­loncat bersama, bergeser bersama dan berlarian menghindari gangguan kelompok lain. Mereka berlari data pola Oray-orayan serta bermain Ucing-ucingan, sating mengintai dan membuyarkan kelompok lain. Dalam suatu upacara seren taun di Sirnaresmi pada tahun 70-an terlibat dalam Helaran Ngakut Pare. Kemudian setelah Ampih Pare, barisan Dogdog Lojor tampil mempertunjukkan keterampilannya untuk menghibur para pengunjung upacara. Dengan kehadiran Gondang dan Lesung yang berirama menambah menariknya suasana audio-visual didepan mata.

Source artikelsukabumi.blogspot.co.id artikelsukabumi.blogspot.co.id/2015/11/tari-dogdog-lojor.html
Comments
Loading...