Kesenian Jawa : Improvisasi Akting Tingkatkan Teater

0 170

Tema pertunjukkan teater biasanya sudah ditentukan oleh para pemain, penonton akan menikmati alur cerita dari apa yang sudah disiapkan. Namun, pada teater yang digagas oleh Saturday Acting Club (SAC) Yogyakarta, penonton dapat ikut menentukan tema apa yang ingin mereka lihat. Penonton memasuki gedung pertunjukkan setelah menuliskan tema di secarik kertas. Kemudian, improvisatoris yang terdiri dari para pemeran, penata musik, penata cahaya, penata kostum dan penata rias akan berdiri di panggung dan memerkenalkan diri.

Setelah itu, penonton diminta untuk membagi dua para pemeran. Masing-masing kelompok akan mendapatkan satu tema yang sudah disepakati dari tulisan penonton. Dalam pementasan ‘The Art of Improvisation: Pertunjukkan Teater Berbasis Improvisasi Semua Elemen Pendukung’ di Auditorium Institut Seni Indonesia (ISI) Yogya, dua kelompok akan memainkan dua tema. Pada sesi satu, kelompok pertama mementaskan tema ‘Dilarang Mencintai Bunga-Bunga’. Sesi dua, kelompok kedua menampilkan tema ‘The Mask of Jim Carrey’. Kreator SAC, Rukman Rosadi kepada KRjogja.com mengatakan metode improvisasi dapat menaikkan kemampuan pemain teater.

Improvisasi di panggung itu harus memikirkan banyak hal, mulai dari kostum, jalinan cerita hingga ekspresi

ungkap Rosa di Auditorium Institut Seni Indonesia (ISI) Yogyakarta, Senin (3/10/2016) malam. Pemeran hanya memiliki waktu kurang lebih 15 menit untuk menyiapkan segalanya sebelum tampil. Setelah siap, mereka akan tampil di panggung.

Source tasteofjogja.org tasteofjogja.org/isiberita.iS9zjLJHkT1sCWESZem82Wa-un6pI_D9qQaON2mtTTmKYYbw-JI3b14Sj7krJjNBnUHAJADOvxdgY87qwrCszQ
Comments
Loading...