Kesenian Jawa : Honghongan, Permainan Jawa Barat

0 32
Honghongan adalah permainan yang merupakan permainan yang membutuhkan beberapa orang yang sifatnya mencari dan yang lain bersembunyi dimulai dengan menyiapkan alatnya yaitu berupa batok kelapa yang sudah di belah, bilah bambu untuk memukul batok kelapa tersebut. Permainan yang menggunakan alat di pedesaan wilayah Priangan hampir semua ada. Pada permainanya pertama harus ditentukan dahulu siapa yang menjadi “ucing” atau yang kebagian mencari temannya dan menjaga batok kelapa tersebut.
Berbagai macam cara untuk menentukan siapa yang menjadi “ucing” salah satunya yaitu dengan menggunakan bait yang dilagukan yang tiap potongan katanya ditunjuk kepada salah seorang dan yang terakhir ditunjuk pas lagu berakhir dialah yang menjadi “ucing” yang bertugas menjadi pencari dan sekaligus menjaga batok.
Salah satu lagunya yaitu:
Jong-jang ma-yang tam-pe-fe tam-pa ge-dang Bo-rgen tie-yeng. di-be-re bun-tut be-fang
Atau
8an-ben-ban-ta a- ya u-cing na- ka-re-ta ba-kaf u-cing bu-dak e-ta
Setelah salah seorang menjadi penjaga maka yang lainnya berlarian mencari tempat bersembunyi tetapi tidak terlalu jauh karena kalau sang “kucing” ini lengah maka pemain tersebut berhak menendang batok tersebut. Si kucing pun kalau dia melihat seorang yang bersembunyi cepat memanggil nama orang yang sembunyi tersebut dan meneriakan kata “Hong” sambiI memukulkan pemukul ke batok kelapa tersebut. Maka si pemain yang dipanggil tersebut dia kalah.
Source disparbud.jabarprov.go.id disparbud.jabarprov.go.id/wisata/dest-det.php?id=1004&lang=id

Leave A Reply

Your email address will not be published.