Kesenian Jawa : Histori Tari Japin / Zapin, DKI Jakarta

0 63

Tari japin ialah cabang seni tari atau yang sering dikenal masyarakat dengan menyebutnya tari zapin mulanya berawal dari daerah tanah arab yaitu yaman dimana tarian zapin tersebut digunakan sebagai sarana hiburan dikalangan istana khususnya di negeri parsi, tarian zapin ini berasal. Kemudian dibawa dari hadramaut, oleh saudagar johor lingga, 1824 tumbuh dan berkembang pada kerajaan johor, riau, dan lingga. Barulah tari zapin merebak atau menyebar ke daerah melayu seperti malaysia, singapura, Indonesia dan brunei darussalam.

Perkembangan

Perkembangan seni tari zapin identik dengan budaya melayu maupun dengan hal berpantun. Seniman dan budayawan mampu membuat seni tradisinya. Tidak berhenti namun penuh dinamika yang selalu mampu diterima dalam setiap keadaan dan sebagai  fungsi seni pertunjukan bagi warga. Makanya seni tari zapin masih tetap eksis sampai saat ini. Bagaimana pun juga walaupun seni tari zapin masih tetap eksis sampai jaman sekarang tentunya ada daerah yang membuat seni tari zapin itu lebih berkembang dikalangan masyarakatnya.

Seni tari zapin ini sampai sekarang ini masih atau lebih berkembang di daerah pesisir pantai atau daerah kepulauan. Tari zapin tumbuh dan berkembang didaerah melayu seperti Indonesia, brunei darussalam, singapura, malaysia. Di Indonesia khususnya pada daerah yang ada suku melayu nya seperti jakarta (betawi), sumatera utara, jambi, sumatera selatan, sumatera barat.

Source ilmuseni.com ilmuseni.com/seni-pertunjukan/seni-tari/tari-japin
Comments
Loading...