Kesenian Jawa : Helaran Dongdang, Wujud Pesta Rakyat

0 36

Imah Bali hari itu nampak tidak seperti biasanya. Saat itu, rumah milik Abah Maki ini terlihat ramai oleh pengunjung. Rumah yang bersebelahan dengan Masjid Raya Sindang Barang ini memang menjadi sentral dimulainya ritual helaran dongdang. Helaran dongdang merupakan ritual puncak dalam tradisi seren taun, yaitu mengarak dongdang berisi hasil bumi dan kerajinan untuk kemudian diperebutkan bersama-sama. Uniknya, hasil bumi berupa sayur mayur, buah-buahan, makanan, dan beraneka macam kue yang sudah dihias dalam dongdang merupakan sumbangan sukarela dari masyarakat sendiri.

Bakaran kemenyan dan lantunan doa menjadi pertanda dimulainya arak-arakan dalam ritual helaran dongdang. Seorang kokolot kemudian mencipratkan air suci ke dongdang-dongdang yang nanti akan diarak. Air suci tersebut merupakan gabungan dari tujuh mata air yang diambil dan disatukan dalam ritual Ngala Cai Kukulu beberapa hari sebelumnya. Tidak hanya dongdang, air suci juga dicipratkan kepada masyarakat yang sudah berkerumun siap mengarak beraneka dongdang.

Source Indonesia indonesiakaya.com/jelajah-indonesia/detail/helaran-dongdang-wujud-pesta-rakyat-di-kampung-sindang-barang
Comments
Loading...