Kesenian Jawa : Harumnya Akar Wangi khas Garut

0 39

Mungkin belum banyak yang mengenal tanaman yang satu ini. Akar wangi namanya. Tanaman khas yang menjadi kebanggaan Kota Garut. Akar wangi yang masih satu keluarga dengan serai dan padi ini mempunyai nama ilmiah Vetiveria zizanioide. Akar wangi hanya tumbuh subur di tiga wilayah di dunia, yakni Haiti, Jamaika, dan Indonesia, tepatnya di Garut. Dalam bidang kesehatan, akar wangi sering dimanfaatkan sebagai obat sakit gigi, rematik, dan penghilang bau mulut.

Bahkan, daun dan batangnya juga bisa digunakan untuk bahan baku kerajinan. Beberapa kerajinan yang dibuat dari akar wangi di antaranya tas dan pajangan. Selain dijadikan bahan berbagai kerajinan, akar wangi juga digunakan sebagai bahan pembuat aroma terapi. Hal ini dikarenakan akar wangi mengandung minyak asitri yang berfungsi melemaskan syaraf otak dan anggota tubuh. Sebagai penghasil akar wangi terbesar di Indonesia, Garut memasok akar wangi ke seluruh nusantara.

Bahkan, akar wangi dari Garut juga diimpor ke beberapa negara tetangga seperti Malaysia dan Singapura. Di Garut, terdapat sentra oleh-oleh yang khusus menjual berbagai produk olahan dari akar wangi. Bagi Anda yang ingin mencari berbagai kerajinan yang terbuat dari akar wangi, datanglah ke Graha Kriya Zocha.

Source indonesiakaya.com indonesiakaya.com/jelajah-indonesia/detail/harumnya-akar-wangi-khas-garut-di-sentra-oleh-oleh-zocha
Comments
Loading...