budayajawa.id

Kesenian Jawa : Gogolekan (Wawayangan), Mainan

0 7
Golek atau wayang adalah sebuah media yang sangat populer, di masyarakat Indonesia pada umumnya dan Masyarakat Sunda khususnya. Dalam mainan gogolekan atau wawayangan ini dibuat yaitu dengan cara membentuknya dari bahan pelepah daun ketela pohon atau singkong. Dengan membentuk dan menganyamnya, di buat beberapa tokoh yang membedakannya adalah arah hidung. Jika satria lungguh tertunduk hidungnya kearah bawah dan kalau gagah ladak hidungnya kedepan.
Mainan ini dimainkan sendiri, dan menirukan seorang dalang memainkan goleknya. Mainan ini untuk pertama dibuat olah orang tuanya, selama orang tuanya berada diladang seorang anak bermain gogolekan ini. Setelah itu biasanya dibuat oleh anak itu sendiri dengan berbagai macam variasi bentuk tergantung kreativitasnya. Seorang anak akan membuat cerita sendiri dan bersuara seperti dalang, Tokoh yang paling populer dari Golek atau wayang dikalangan anak-anak adalah tokoh Gatot Kaca, yang memiliki jangjang atau sayap di belakang.
Memainkan gogolekan dengan satu gogolekan yaitu dengan cara menarikan wayang tersebut, dan mulut sianak akan menirukan suara gamelannya seperti pada pertunjukan golek atau wayang. Dan memainkan gogolekan dengan dua gogolekan dengan bertanding seperti sedang bertempur atau berpura-pura sedang berbicara berdua. Warna dari gogolekan itu sendiri saat pertama dibuat biasanya berwarna merah dan coklat muda karena memakai bahan pelepah daun ketela pohon yang tua.
Source disparbud.jabarprov.go.id disparbud.jabarprov.go.id/wisata/dest-det.php?id=1017&lang=id
Comments
Loading...