Kesenian Jawa : Genjring (Khas Bayalangu Kidul, Cirebon)

0 18

Genjring Khas Cirebon yang berada di Desa Bayalangu Kidul, Kecamatan Gegesik, Kabupaten Cirebon. Namanya adalah Genjring Kuda Kecil yang merupakan seni genjring akrobat dan masih kokoh berdiri di Cirebon. Berdiri sejak tahun 1965, kesenian tersebut biasa tampil di berbagai acara hajatan dan hari-hari besar. Genjring adalah sebuah alat musik pukul yang terbuat dari kayu dan kulit dan bentuknya bulat. Seni tersebut merupakan tarian rudat dicampur akrobat dan lawak dangdut sehingga menjadi kombinasi yang sangat unik.

Dalam satu kali tampil, ada 30 orang pemain. Ada yang bermain akrobat, menyanyi, dan memainkan musik. Tak hanya musik genjring saja, seni genjring khas Cirebon ini menggunakan campuran musik lain di antaranya piano dan gitar. Genjring akrobat menampilkan berbagai pertunjukan yang menggambarkan kekuatan dan keseimbangan seorang pemain. Di antaranya ada akrobat topi, bermain di atas ring, bermain tangga. Para pemain bermain di atas panggung mengenakan seragam kaus merah dan tampil sesuai tugasnya masing-masing.

Yang paling tampak terlihat dari pertunjukan kesenian itu ada tiga orang pemain genjring tabuh, seorang pemain genjring berdiri, seorang penyanyi, seorang pemain gitar, pemain piano, dan para pemain akrobar. Kesenian tersebut dimainkan mulai dari anak kecil hingga usia dewasa. Kebanyakan yang bermain akrobat tersebut adalah pemain perempuan.

Grup kesenian ini ada sejak tahun 1965, kedua

Source tribunjabar.id jabar.tribunnews.com/2018/04/01/mengenal-kesenian-genjring-khas-cirebon-yang-tinggal-satu-satunya-di-cirebon?page=all

Leave A Reply

Your email address will not be published.