Kesenian Jawa : Gejok Lesung “Sedyo Rukun”, DIY

0 23

Gejok lesung “Sedyo Rukun”. Kelompok seni “Sedyo Rukun” berada di bawah naungan sanggar “Gilang Krida Budaya”. Sanggar beranggotakan karang taruna yang kreatif dan berdedikasi dalam berkesenian, berperan sebagai manajemen “Sedyo Rukun”. Sanggar yang terletak di Dusun Jomboran, Gilangharjo, Pandak Bantul melaksanakan latihan rutin untuk mengoptimalkan pertunjukkan. Pada latihan Jum’at, 13 Juli 2018 didukung oleh karang taruna yang terlibat dalam managerial, memberikan semangat dan membantu mempersiapkan segala kebutuhan latihan.

Agenda terdekat kelompok “Sedyo Rukun” akan berpartisipasi pada acara Festival Gejok Lesung di Ngoto, Sewon, Bantul  pada tanggal 21 Juli 2018 yang diselenggarakan oleh Dinas Kebudayaan Bantul. Suatu prestasi bagi sanggar, dipilih untuk bergabung pada event tersebut. Tidak hanya itu, gejok lesung “Sedyo Rukun” juga dipercaya Pemerintah Desa Gilangharjo untuk tampil pada acara Hari anak Nasional yang akan diselenggarakan di pelataran Balai Desa Gilangharjo, 29 Juli 2018. Pada agenda tersebut akan menyuguhkan 5 tembang yang diantaranya : Bantul Projotamansari, Gugur Gunung, Lesung Jumengglung dan Gethuk.

Source tasteofjogja.org tasteofjogja.org/isiberita.jua1OM1eVXLRnHp4wbZPkkPb-q0XgNmNesPKtvIC5E-PSVa5gtOFCq2la9BEtUJXkewdRo9rH3zeezb7tLxgcQ
Comments
Loading...