Kesenian Jawa : Gaya Pentas Wayang Generasi Muda

0 17
Staf Ahli Bidang Sumber Daya Keolahragaan, Kementerian Pemuda dan Olah Raga, Tunas Dwidharto melantik Ketua Umum PEPADI, H. Kondang Sutrisno. Sebelumnya, H. Kondang Sutrisno terpilih sebagai Ketua Umum dalam Musyawarah Nasional Munas VI PEPADI yang diselenggarakan di Taman Candra Wilwatikta, Pandaan, Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur, 30 Maret 2015 lalu. Pelantikan Ketua Umum PEPADI yang sekaligus juga mengukuhkan kepengurusan periode 2015–2010 ini mengambil tema “Wayang untuk Generasi Muda”. Tema ini sekaligus menjadi tantangan dan tanggungjawab bagi pengurus PEPADI sekarang untuk melestarikan dan mengenalkan wayang kepada generasi muda.
Wayang adalah milik generasi muda dan wayang adalah generasi muda itu sendiri
ujar Kondang. Oleh karena itu, lanjutnya, susunan pengurus PEPADI Pusat sebanyak 85 persennya adalah generasi muda. Mereka di antaranya adalah Nanang Hape yang terkenal dengan wayang urbannya dan Dunung Basuki Kurniawan yang selama ini cukup banyak terlibat dalam produksi bersama seniman Sujiwo Tedjo. Sementara itu Ketua PEPADI periode 2003–2014, Ekotjipto mengatakan ada dua hal yang sangat strategis untuk ditindaklanjuti kepengurusan PEPADI. Pertama, mengawal penetapan Hari Wayang yang permohonannya telah diajukan ke Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Bisa dibayangkan bila ini ditetapkan, maka pada hari itu akan menjadi momentum kegiatan pagelaran wayang di berbagai daerah di Indonesia
katanya. Kedua, memikirkan kelangsungan pecinta wayang. Ia berharap dengan ditetapkannya Hari Wayang.
Source adityawardhana.blogspot.com adityawardhana.blogspot.com/2015/05/wayang-untuk-generasi-muda.html
Comments
Loading...