Kesenian Jawa : Galah Bandung, Permainan Tradisi

0 97

Kategori: Permainan
Elemen Budaya: Permainan Tradisional
Provinsi: Jawa Barat
Asal Daerah: Bandung

Permainan tradisional sangat cocok bagi media pembelajaran pendidikan anak usia dini. Alasannya, permainan tradisional mengandung banyak unsur manfaat dan persiapan bagi anak menjalani kehidupan bermasyarakat. Pada dasarnya galah bandung hampir sama dengan loncat tinggi dan lompat jauh, tetapi tidak menggunakan peralatan khusus, cukup dengan keterampilan anggota badan. Permainan dilakukan di tempat terbuka dan agak luas. Pemain terdiri dari empat orang, umunya anak perempuan berumur antara 5 sampai 11 tahun.

Keempat anak itu dibagi menjadi dua kelompok, masing-masing kelompok terdiri dari 2 orang anak. Untuk memulai permainan dilakukan sut sebagai penentuan pemenang. Kelompok yang kalah menjadi penjaga dan yang menang menjadi pemain. Selanjutnya kelompok penjaga duduk berhadapan, kedua kaki dilonjorkan dan telapaknya bertemu satu dengan yang lain serta dirapatkan. Setelah posisi jaga terbentuk kelompok pemain mulai melakukan permainan. Untuk memenangkan permainan masing-masing kelompok harus dapat melalui babak-babak atau tahapan-tahapan.

Babak pertama adalah meloncati kaki penjaga mulai dari ketinggian satu telapak hingga empat telapak kaki. Setiap ketinggian dibentuk dengan menaikkan kaki yaitu menopangkan tumit salah seorang penjaga di atas ujung penjaga lain. Setiap ketinggian dilakukan dua kali loncatan tanpa menyentuh kaki atau anggota badan penjaga, bila tidak menyentuh dinyatakan selamat. Bila tersentuh, lasut.

Source budaya-indonesia.org budaya-indonesia.org/Galah-Bandung
Comments
Loading...