Kesenian Jawa : Gagalan Panji, Mulai Topeng Panji

0 236
Gagal (Bhs. Cirebon), artinya mulai. Gagalan Panji artinya tanda dimulainya tari topeng Panji. Dalam pertunjukan topeng Cirebon, gagalan Panji adalah semacam pintu pembuka, sebagai ciri bagi dalang topeng untuk mulai menari dan bagi pertunjukannya itu sendiri. Lagunya bernama kratagan yang artinya mengejutkan. Dalam tari Topeng Panji, Gagalan Panji adalah suatu keharusan, durasinya (lama-sebentar) bukanlah pokok. Tanpa pembuka gagalan, tari tersebut tidaklah sempurna, ia adalah bagian yang cukup penting bahkan sebagai salah satu cirinya.
Lagu dalam gagalan (kratagan) sebenarnya merupakan kependekan dari tetalu yang juga lagunya kratagan. Jika kratagan dalam tetaluan durasinya bisa sangat panjang, gagalan sebaliknya. Sebagai cirinya, lagu itu dimulai dengan sebuah tabuh serempak pada nada sepulu atau galimer (nada gamelan bilah keempat atau kelima dari kanan). Ditalu keras secara bersamaan. Mula-mula pengeprak itu menengok ke arah belakang, ke kiri dan kanan seraya memperhatikan kesiapan para nayaga untuk gagalan.
Ia kemudian mengajak mereka: ―yu”, dan biasanya para nayaga menjawabnya ―ya”. Pengeprak segera mengangkat alat tabuh yang digenggam tangannya, kemudian dengan cepat ia menariknya ke bawah dan menghentakkannya ke kecrek yang tergantung di samping kotak. Seketika itu pula terdengar bunyi: jréng! Membuat orang terkejut. Musik gagalan yang bergelora, adalah semacam operture yang seringkali membuat orang terhenyak. Ketika gelora itu reda.
Source disparbud.jabarprov.go.id disparbud.jabarprov.go.id/wisata/dest-det.php?id=913&lang=id
Comments
Loading...