Kesenian Jawa : Fungsi Tarling, Angkat Nilai Budaya

0 427

Secara umum dapat disimpulkan bahwa Tarling telah berperan dan mempunyai signifikansi besar dalam mengangkat nilai-nilai seni budaya daerah Cirebon. Beberapa fungsi Tarling yang terangkum secara umum, yaitu :

* Sebagai sarana hiburan masyarakat Cirebon dan sekitarnya.
* Sarana pengembangan budaya bangsa melalui budaya lokal
* Sarana atau media pengenalan atau penggalian nilai-nilai luhur falsafah kehidupan bangsa.
* Sarana untuk menggali bakat seni bagi para pelaku, pewaris, dan masyarakat awam.
* Sarana kreatifitas dan inovatif seni budaya
* Sarana Profesi seni budaya
* Sarana atau media penyampaian pesan-pesan pembangunan, baik pembangunan fisik material maupun pembangunan mental spiritual
* Sarana atau media peningkatan dan pengembangan kualitas berkesenian dan kualitas karya seni masyarakat.
* Sarana atau media kontrol sosial masyarakat.
* Meningkatkan keterampilan bermusik, dan olah vokal
* Secara rohani dan jasmani, dapat menambah dan memberi  rasa damai, senang, gembira, bahagia, puas, serta meningkatkan nilai kemanusiaan.
* Meningkatkan kesadaran terhadap diri sendiri, serta kesadaran dalam berhubungan dengan sesama, dengan alam lingkungan, dan dengan tuhan Yang Maha Esa. Dan lain-lain.

Tarling merupakan hasil dari buah pemikiran masyarakat Cirebon mewarnai kehidupan mereka. Fungsi hiburan timbul secara eksplisit dan pada akhirnya mempersatukan kekerabatan mereka lewat seni itu sendiri. Seiring berkembangnya pemikiran manusia, mereka merasa perlu untuk seni.

Source riyanhidayat28.wordpress.com riyanhidayat28.wordpress.com/makalah-tentang-tarling-dikembangkan-dari-pemikiran-beberapa-narasumber-dan-literatur
Comments
Loading...