Kesenian Jawa : Festival Selokan Mataram Digelar

0 8

Sebagai upaya melestarikan dan menjaga keberadaan Selokan Mataram yang bersejarah, Dinas Kebudayaan DIY berencana menggelar Festival Selokan Mataram bertempat di Panggung Dusun Mranggen Margodadi Seyegan Sleman.

Selokan Mataram punya sejarah panjang dan sangat berarti bagi masyarakat DIY. Dibangun pada masa Sri Sultan HB IX dengan maksud menyelamatkan warga Yogya dari kekejaman Jepang karena memaksa penduduk menjadi pekerja paksa Romusha. Dengan proyek Selokan Mataram inilah rakyat Yogya bisa selamat

ucap Kasi Sejarah Disbud DIY Bambang Mursamtoro. Karena itulah, kata Bambang selaras dengan kesejarahan yang ada, dinas memiliki tanggungjawab untuk turut melestarikan. Salah satunya dengan kegiatan tersebut. Panitia lokal Ibnu Sutopo mengatakan kegiatan akan diawali dengan permainan anak dan badut bersama Tejo Badut. Dalam kesempatan ini akan diikuti sekitar 200 anak usia TK hingga kelas 2 SD. Setelah itu dilanjutkan permainan air melibatkan remaja dan pemuda menggunakan kapal fiber di aliran air Selokan Mataram.

Pada malam harinya akan dihadirkan sarasehan budaya menguak sejarah Selokan Mataram bersama tokoh masyarakat dan penghageng Kraton Yogyakarta. Dalam kesempatan ini akan dilangsungkan pemecahan kendi berisi air di bibir Selokan Mataram.

Harapannya agar air Selokan Mataram bisa lestari dan tetap mengalir sepanjang masa

ucap Ibnu.

 

Source KR krjogja.com/web/news/read/9588/Jaga_Kelestarian_Air_Melalui_Festival_Selokan_Mataram
Comments
Loading...