Kesenian Jawa : Festival Kesenian Yogya Kulonprogo

0 10

Festival Kesenian Yogyakarta (FKY) Kulonprogo 2016 diakui oleh masih kurang dalam hal publikasi kepada masyarakat luas di awal pelaksanaan. Selain itu, gelaran acara tahunan tersebut juga masih belum bisa memenuhi unsur pameran untuk melengkapi beragam pertunjukkan seni yang dihadirkan. Sekretaris Dinas Kebudayaan Kulonprogo, Joko Mursito mengatakan bahwa Dinas Kebudayaan selaku pelaksana telah melakukan sejumlah evaluasi acara yang berakhir pada Rabu (31/8) lalu.

Dalam evaluasi tersebut, diakui bahwa perkara publikasi, koordinasi, serta unsur pameran memang menjadi tema utama. Ia mengatakan bahwa masalah publikasi ini dikarenakan personil yang juga masih belum memiliki pengalaman yang memadai dalam melaksanakan acara sekaliber FKY.

Karena kami [Dinas Kebudayaan] juga masih dalam adaptasi dan transisi setelah berdiri sendiri awal tahun ini

ujarnya ketika dihubungi. Selain itu, koordinasi antara panitia juga diakuinya masih kurang maksimal. Namun, Joko menjelaskan bahwa hal tersebut segera diperbaiki ketika memasuki pertengahan acara yang digelar selama 5 hari tersebut. Ia menganggap bahwa kekurangan tersebut menjadi bahan pembelajaran untuk Pemkab Kulonprogo dalam menyelenggarakan FKY tahun depan. Adapun, stan pameran untuk menunjukkan sejumlah potensi seni memang tidak ada dalam penganggaran acara ini. Sebelumnya, Dinas Kebudayaan sebenarnya di awal sempat dianggarkan namun kemudian dialihkan untuk kebutuhan lainnya dengan berbagai pertimbangan.

Tapi tahun depan pasti ada unsur pawai, pentas, dan pameran

Source tasteofjogja.org tasteofjogja.org/isiberita.Em9Pn4Ke0Ly-4VaT-g8p0VQf1FT8bvggbbK-Ie15SzO1kwPhwqx8gKyp1MTd92bwGXPPY1m4uIIFnYAN1HQc8Q
Comments
Loading...