Kesenian Jawa : Festival Bakmie Lethek, di Bantul

0 70

Festival Mie Lethek yang diadakan di pedukuhan Lopati Trimurti Srandakan Bantul. kegiatan tersebut dapat terselenggara dengan dukungan dan  kerja sama dengan pemerintah desa, POKDARWIS dan pengelola desa budaya. Acara tersebut dibuka oleh bupati Bantul dengan prosesi pemotongan pita yang ada di gapura bernuansa budaya, terbuat dari instalasi kerajinan bambu krondo. Selain itu, kedatangan Bupati Bantul juga disambut dengan arak-arakan bergodo Nompokerti dan kesenian Reog.

Dalam acara tersebut juga diadakan lomba masak Mie Lethek yang diikuti oleh warga setempat yang kurang lebih berjumlah 30 peserta. kemudian hasil masakan mereka dibagikan kepada pengunjung gratis dengan kemasan menggunakan takir yang terbuat dari daun pisang dan acara tersebut juga melibatkan 2 pabrik besar pembuatan mie Lethek yang ada di pedukuhan Bendo dan Nengahan. Adapun pementasan kesenian pertunjukan seperti paguyuban reog lopati dan tarian Golek Ayun-ayn.

Mie Lethek adalah Salah satu aspek kebudayaan Desa Budaya Trimurti dibidang Kuliner,Trimurti memiliki potensi tersebut sudah sejak lama dan telah dikembangkan dan ditetapkan  menjadi potensi unggulan desa budaya Trimurti. Penyelenggara berharap bahwa dengan diadakannya Festival Mie Lethek, masyarakat dapat mengembangkan dan melestarikan warisan kuliner tersebut. 

Source tasteofjogja.org tasteofjogja.org/isiberita.idDJYK6beoT2J2amH9tuSJEd6DjK45u1X40UajpbN5PNJKR3treq9X0Tlw8se7xXdSvFYuYBXZ3_HH9C-jCAZg
Comments
Loading...