Kesenian Jawa : Etniknya Kerajinan Khas Surakarta

0 105

Cinderamata atau souvenir menjadi salah satu bagian yang tidak terpisahkan dari sebuah identitas sebuah kota. Jepara misalnya, kota ini identik dengan ukiran-ukiran yang sudah terkenal hingga ke mancanegara. Selain jepara, Solo juga dikenal memiliki aneka jenis cinderamata seperti batik dan kerajinan-kerajinan tangan khas yang dijadikan buah tangan untuk kerabat di rumah. Kerajinan tangan khas Solo seperti ukiran miniatur patung, candi, keris serta sepeda menjadi sebagian dari cinderamata khas Solo bisa kita temui di seputar Kota Solo baik itu di pasar-pasar tradisional maupun toko souvenir.

Kerajinan-kerajinan tangan ini terbuat dari berbagai macam jenis bahan seperti tanah liat, kayu dan kain perca. Semua kerajinan ini di pajang di atas etalase-etalase yang dapat dipilih langsung oleh pengunjung. Kerajinan tangan khas Solo ini dijual dengan harga yang bervariasi. Mulai dari Rp20.000 hingga jutaan rupiah, semua tergantung dari jenis bahan dan ukuran dari kerajinan tangan. Untuk satu buah miniatur sepeda onthel misalnya dijual dengan harga Rp145.000.

Salah satu toko yang dapat menjadi pilihan untuk berburu kerajinan tangan khas Solo adalah Javenir yang terletak di Jalan Adi Sucipto 99 Solo. Di sini pengunjung dapat membeli aneka jenis kerajinan mulai dari miniatur wayang, candi, sepeda, hingga ke aksesoris pakaian seperti gelang dan kalung.

Source Indonesia indonesiakaya.com/jelajah-indonesia/detail/berburu-etniknya-kerajinan-khas-solo
Comments
Loading...