Kesenian Jawa : Desa Panggungharjo, Desa Seni Budaya

0 159

Desa Panggungharjo merupakan salah satu desa di Kabupaten Bantul yang berbatasan dengan kota Yogyakarta yang merupakan ibu kota D.I. Yogyakarta. Untuk jalur utama lalu lintas antar daerah / antar provinsi, desa yang berada di Kecamatan Sewon terdapat ring road (jalan lingkar) selatan yang terletak di wilayah utara Desa Panggungharjo, juga jalan Bantul dan jalan Parangtritis. Desa ini bukan desa biasa, tapi sudah menjadi desa budaya yang ditetapkan oleh Gubernur DIY melalui Surat Keputusan DIY Nomor 262/KEP/2016 tentang Penetapan Desa/Kelurahan Budaya.

Desa Panggungharjo, Sewon, Bantul telah melewati proses yang panjang hingga akhirnya dinobatkan sebagai desa budaya bersama 56 desa lainnya di DIY.  Berawal dari pengajuan proposal sebagai Desa Rintisan Budaya pada akhir tahun 2015. Warna-warni tradisi yang ada di Desa Panggungharjo diklaim cukup lengkap terutama tradisi budaya Jawa. Menimbang adanya potensi budaya yang cukup tinggi, pada tahun 2016 desa ini diakreiditasi oleh Dinas Kebudayaan DIY dan mendapatkan nilai tertinggi se-DIY sebagai desa budaya. Desa budaya Panggungharjo terdiri dari 14 Pedusunan / Pedukuhan yaitu Garon, Cabeyan, Ngireng-ireng, Geneng, Jaranan, Glondong, Pandes, Sawit,Pelemsewu, Kweni, Glugo, Dongkelan, Krapyak Kulon, dan Krapyak Wetan.

Lahirnya desa Panggungharjo ini pada 24 Desember 1946, jadi satu tahun setelah kemerdekaan Indonesia. Sebenarnya Panggungharjo itu terdiri dari 3 kelurahan yaitu Kel. Krapyak, Kel. Prancak, dan Kel. Cabeyan, dijadikan satu.

Source kompasiana.com kompasiana.com/maria_prima/58bea4872023bd4407058338/desa-panggungharjo-desa-budaya-kaya-akan-kesenian-dan-tradisi
Comments
Loading...