Kesenian Jawa : Budaya Kontemporer Tatto Istimewa

0 187

Tato merupakan salah satu bentuk ekspresi dari karya seni. Dalam perkembangannya, sejak satu dekade terakhir seniman maupun pengguna tato meningkat pesat. Bagi penggunanya sendiri saat ini tidak hanya digunakan oleh orang tertentu, namun berasal dari beragam usia, profesi dan lainnya. Tato hampir bisa ditemui di semua kalangan, khusunya di kalangan masyarakat urban. Tato sudah tidak menjadi sesuatu yang asing saat ini. Seiring berjalannya waktu bermunculan banyak komunitas yang memiliki peran sentral atas perkembangan seni tato di masyarakat.

Dengan bermunculnya banyak komunitas sendiri, hadir pula berbagai acara yang memfalitasi seniman maupun pengguna tato. Pada tahun 1997, di Yogyakarta berdiri sebuah komunitas atau organisasi yang dulunya berdiri sebagai agen gerakan aktivisme dalam rangka meruntuhkan dominasi Orba, bernama Java Tatto Club (JTC). Menurut mereka, tato merupakan sebuah bentuk kebebasan berekspresi, memposisikan kembali tato sebagai warisan budaya, juga mengkampanyekan tato sebagai seni yang dinamis sesuai zamannya.

2011 lalu, komunitas ini menggelar sebuah acara khusus tato bernama Festival Tatto Istimewa. Ketika itu apresiasi dari masyarakat Yogyakarta dan sekitarnya begitu besar terhadap perhelatan tersebut. Di tahun 2016, acara serupa kembali digelar dengan nama Festival Budaya Kontemporer, Tatto Istimewa 2016 yang diselenggarakan oleh JTC serta didukung oleh Dinas Kebudayaan DIY. Dalam jumpa persnya, Kamis (28/7/2016) siang, panitia penyelenggara mengumumkan acara tersebut dilaksanakan.

Source tasteofjogja.org tasteofjogja.org/isiberita.cWGzey7xpjLzA977dNk5Nxozgq6blAJLiQx4St8_-Lmk2AHtmaweq_Y5BGhArqbxVENyDN00GkS8ptMDCtTmvA
Comments
Loading...