Kesenian Jawa : Budaya Bisa Jadi Mesin Ekonomi

0 14

Seni budaya semisal pawai atau kirab di DIY tidak dapat dianggap sebagai hal menjemukan. Namun justru dipandang sebagai aktivitas positif penanda keistimewaan DIY serta memberikan dampak pada aspek ekonomi. Hal tersebut dikatakan Ketua Komisi D DPRD DIY, Yose Rizal. Menurutnya keberadaan kirab menjadi angin segar bagi penggiat ekonomi kecil untuk meraup untung yang lebih banyak dari hari biasanya.

“Ada yang berjualan makanan dan mainan. Kalau dilihat dari aspek ekonomi, ini menjadi positif,” tuturnya. Selain berdampak pada aspek ekonomi, lanjutnya, budaya kearifan lokal juga terangkat melalui pawai. Misalkan dalam pawai tersebut menampilkan kirab dari masing-masing kelurahan, kreasi seni itulah yang layak mendapatkan apresiasi.

“Apalagi generasi muda juga mulai terlibat, walau porsinya masih kecil. Butuh perhatian dari pemerintah. Kalau pemerintah tidak mengapresiasi dari aspek pendanaan, dalam hal ini melalui danais, tentu ini tidak akan maksimal,” tandasnya.

Source tasteofjogja.org tasteofjogja.org/isiberita.tFESWkK2ymBCQV2E69E2rCCdr7_V9XCjdMNT9NbpJ2mxSYjbC7OmRhI6-FeLYqHNXetFpCAhI2aEkbOvJKgDrQ
Comments
Loading...