Kesenian Jawa : Balada Apem Sutemi (Bantul, DIY)

0 29

Balada Apem Sutemi

yang menceritakan tentang persaingan penjual apem yang menuai konflik persaingan dagang, kemudian berdamai dan menyelenggarakan syukuran perdamaian dengan nanggap Reog. Adapun bintang tamu yang ikut memeriahkan acara tersebut yaitu Trinil (angkringan TVRI), mas Pawiro (angkringan TVRI) dan Seneng Guyon Maton (SGM) dengan aransemen Gamelan Fero Rudianto (Sanggar Yitna Purwaka Dance). Proses persiapan pelaksanaan yang sangat singkat bukan menjadi kendala karena warga memiliki semangat yang besar dan keberhasilan pagelaran tersebut didukung oleh sumber daya manusia yang memiliki ketrampilan dibidang keseniaN.

Tidak hanya menampilkan pertunjukan ketoprak kolaborasi reog, tetapi juga menyuguhkan pertunjukan karya kreatif tarian anak-anak. Kesempurnaan pagelaran juga didukung adanya nuansa Budaya yaitu Obor bambu yang ditanam mengelilingi lapangan tempat pertunjukan tersebuT. Melalui “Balada Apem Sutemi” memberikan pesan moral dalam pertunjukan Seni, bahwa dalam berkompetisi agar saling berkerja sama agar mampu mencapai hasil yang terbaik.

Source tasteofjogja.org tasteofjogja.org/isiberita.9CHhq-Ccjk4TP4x8NaJ_CljJ0mIn5U20XI-dvmB80d3NJKR3treq9X0Tlw8se7xXdSvFYuYBXZ3_HH9C-jCAZg
Comments
Loading...