Kesenian Jawa : Antusiasme Masyarakat Pada Seni

0 185

Kecintaan masyarakat untuk melestarikan seni dan budaya dinilai cukup tinggi. Selain kelompok-kelompok kesenian dan budaya tetap melestarikan, minat masyarakat untuk menyaksikan kegiatan tersebut cukup besar. Kepala Disbudpar Sleman AA Ayu Laksmidewi mengatakan, minat masyarakat untuk menyaksikan kegiatan seni dan budaya cukup tinggi. Hal itu menjadi salah satu alasan Disbudpar sering menyelenggarakan event-event seni dan budaya.

Event seperti ini juga bagian dari pembinaan kelompok-kelompok seni dan budaya yang ada di wilayah Sleman

katanya di sela-sela kegiatan Kirap Pelangi Budaya. Kondisi tersebut, katanya, dapat dilihat dari dua hari pelaksanaan Kirap Pelangi Budaya yang digelar Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Sleman, Sabtu (24/9) hingga Minggu (25/9). Kemarin, masyarakat berbondong-bondong menyaksikan beragam pentas dan atraksi kesenian jathilan, orchestra serenade, tarian teatrikal, flashmop di Panggung KRT Pringgodiningrat. Meski diselingi hujan, antusiasme peserta dan masyarakat cukup tinggi menyaksikan parade tersebut.

Kegiatan tersebut dilanjutkan dengan kirab pelangi budaya Bumi Merapi yang terdiri atas 55 kontingen dari berbagai kalangan dan komuitas seni budaya, museum, sekolah, perwakilan luar daerah yaitu Riau, Lampung, Papua, Sulawesi Selatan, Kalimantan Barat, NTB. Pada Sabtu (24/9)sebelumnya, sebanyak 34 Bregada Prajurit Tradisional dari 17 Kecamatan se Sleman juga tampil dalam kegiatan tersebut. Bahkan penampilan para bregada tersebut memukau pengunjung di sepanjang jalur kirab antara Lapangan Denggung dan Lapangan Pemda Sleman.

Source Dinas Kebudayaan tasteofjogja.org/isiberita.7cVZyU4XOT_N_5SbqWEPHUUCijuUxwHLeJONN99Desz4wctU7PCoLnVFr_8AvsudndGANaTC7Nzm9lciKYq7mw
Comments
Loading...