Kesenian Jaranan Senthe Rewe, Pacitan

0 111

Kesenian Jaranan Senthe Rewe, Pacitan

Kesenian Jaranan Senthe Rewe adalah salah satu tarian tradisional yang berasal dari Jawa. Ada yang menyebutnya jathilan, kuda lumping, jaran kepang, oglek, incling, ebek, maupun jaranan dor. Disebut sebagai tarian Jaranan Senthe Rewe karena para penarinya mengendarai kuda-kudaan yang biasanya terbuat dari anyaman bambu yang mirip dengan tarian kuda lumping. Kuda-kudaan tersebut kemudian diberi cat dan kain berwarna-warni agar supaya terlihat meriah.

Penari-Penari Jaranan Senthe Rewe berperan sebagai pasukan berkuda yang gagah berani. Konon, tarian Jaranan Senthe Rewe menggambarkan dukungan rakyat terhadap Pangeran Diponegoro yang melawan penjajah Belanda. Pun ada pula yang beranggapan sebagai kisah perjuangan Raden Patah. Selain itu, ada yang mengatakannya sebagai gambaran perjuangan Raja Mataram ketika melawan tentara Belanda.

Tarian Jaranan Senthe Rewe ini diringi oleh musik gamelan. Pada mulanya, tarian Jaranan Senthe Rewe menggambarkan gerakan berirama pasukan berkuda. Namun, acap kali dalam beberapa kesempatan, ada yang menggambarkan adegan-adegan magis atau supranatural seperti adegan kerasukan. Ini menjadi gambaran bahwa pada zaman dahulu, memang banyak orang Jawa yang memiliki kekuatan supranatural.

Adegan supranatural tersebut biasanya yang sering disebut istilah NDADI ini diawali dengan suara cemeti yang dilecutkan oleh pawang atau pemimpin tarian. Pawang ini jugalah yang berperan untuk menyembuhkan para penari dari kondisi tak sadar. Adegan ndadi inilah yang biasanya ditunggu-tunggu oleh para penonton Jaranan Senthe Rewe.

Tarian Kesenian Jaranan Senthe Rewe sering disajikan dalam acara penyambutan tamu atau ucapan syukur. Di desa-desa, Jaranan Senthe Rewe menjadi tontonan meriah tatkala ada hajatan atau kegiatan bersih desa. Tak jarang, penonton ikut larut dalam tarian sehingga menambah meriahnya suasana.

Source http://macam-makalah.blogspot.co.id/ http://macam-makalah.blogspot.co.id/2015/08/kesenian-jaranan-senthe-rewe-pacitan.html#.WtBM7PluZkg
Comments
Loading...