Kesenian Jaran Kepang klasik Atau Kuda Lumping Di Temanggung

0 21

Kesenian Jaran Kepang klasik Atau Kuda Lumping Di Temanggung

Kuda Lumping menjadi satu budaya yang banyak diminati masyarakat Temanggung. Terbukti dengan adanya kelompok kesenian Kuda Lumping yang berjumlah sekitar 500 kelompok yang tersebar di seluruh wilayah Temanggung.

Seni kuda lumping sendiri pada saat ini sudah mulai muncul kembali di dunia pentas hiburan rakyat, yang selama ini tertutup oleh ekspansi budaya elektronika yang gencar dipublikasikan di media elektronik. Pada tahun 2009 lalu mulai lagi bermunculan group-group baru kuda lumping diberbagai kecamatan di Temanggung.

Mulai mengkombinasikan dari kesenian asli dengan kesenian modern. Kebudayaan yang satu ini memang sering dikaitkan dengan unsur “Klenik” atau magis. Namun sebagai Pemuda hendaknya kita mengambil sikap yang positif dimana masih ada orang-orang yang mampu bertahan untuk melestarikan budaya asli daerah mereka di antara himpitan ekonomi, politik maupun budaya yang semakin menyingkirkan kesenian ini.

Jaran Kepang klasik di Traji merupakan kesenian yang masih mengutamakan pelestarian budaya seni yang ada di Kabupaten Temanggung. Jaran Kepang klasik ini berada di Dusun Grogol Desa Traji, dengan nama paguyuban “Cahyo Budoyo”.

Jenis tarian ini melambangkan pasukan Mataram kuno yang akan membuka lahan pertanian dengan menebas / membersihkan hutan menjadi areal pertanian. Jaran kepang  Desa Traji diseting benar-benar klasik, alat musik pengiringnya gamelan jawa jadi gending yang mengiringnya berupa petuah-petuah Jawa yang sering dimainkan pada saat pertunjukkan wayang.

Dengan adanya perlengkapan alat musik (gending Jawa), masyarakat Desa Traji memanfaatkannya untuk berlatih karawitan. Karawitan adalah kesenian memainkan alat musik (gending Jawa) yang masih kental akan nilai nilai budaya Jawa. Banyak terkandung petuah-penuah atau nasehat yang ditinggalkan nenek moyang yang harus dilestarikan.

Source http://forpal.blogspot.co.id/2010/01/adat-dan-budaya-temanggung.html http://desawisatatraji.blogspot.co.id/2017/04/potensi-wisata-desa-traji.html

Leave A Reply

Your email address will not be published.