Kesenian Janger, Kabupaten Banyuwangi

0 69

Kesenian Janger, Kabupaten Banyuwangi

Kesenian Janger adalah kesenian rakyat yang berasal dan berkembang di Banyuwangi, Jawa Timur. Kesenian ini adalah termasuk jenis kesenian hibrida dimana terdapat perpaduan unsur budaya Jawa dan Bali. Dimana gamelan, kostum, dan gerak tari mengambil budaya Bali,namun lakon cerita dan bahasa mengambil dari budaya Jawa. Janger juga segenre dengan ketoprak dan ludruk.Janger sendiri juga disebut dengan Damarwulan atau Jinggoan.

Berdasarkan versi dari cerita mulut ke mulut, pelopor lahirnya Janger adalah Mbah Darji, yang berasal dari Dukuh Klembon,Singonegaran, Banyuwangi. Beliau adalah pedagang sapi yang sering bolak-balik Banyuwangi-Bali. Suatu ketika, beliau tertarik dengan teater ande-ande lumut yang memang pada saat itu sedang mengalami naik daun dan berkenalan dengan salah seorang seniman musik yaitu Singobali. Dan dari sinilah asal usul dari Damarwulan Klembon atau JANGER.

Lakon yang digunakkan saat pementasan disesuaikan dengan permintaan klien atau dari kelompok itu sendiri. Sementara lakon cerita yang paling banyak digunakkan adlah lakon cerita Cindelaras, Minakjinggo, Damarwulan Ngenger, dan Damarwulan Ngarit. Selain itu juga, terkadang menggunakkan cerita legenda rakyat dan cerita panji Laras.

Busana yang dipakai saat pertunjukan lebih menggunakkan unsur budaya Bali dengan tatanan busana disesuaikan dengan karakter masing-masing pemain. Tapi untuk busana kaum wanita istana memakai busana Bali yang dimodifikasi seperti memakai kuluk yang dihias bunga kamboja dengan manik-manik, dan biasanya memakai kain jarik berwarna mengkilap. Dan yang paling mengejutkan adalah untuk peran rakyat jelata, ara pemain menggunakkan pakaian khas Jawa.

Tari-tarian pengiring dalam pertunjukan ini bervariasi. Bisa dibuka dengan tarian Bali seperti pendet atau tarian Banyuwangi seperti Jejer Gandrung. Saat ini diperkirakan terdapat 60 kelompok Janger yang masih eksis. Janger sendiri populer di wilayah Temenggung Budoyo, Madyo Utomo yang terletak di Desa Bubuk, kec.Rogojampi dan juga Patoman dari Desa Blimbingsari, Kec.Rogojampi.

Source http://tempatsaring.blogspot.co.id http://tempatsaring.blogspot.co.id/2013/05/kesenian-janger.html
Comments
Loading...